7 Cara Mengatasi Lag PES 2017 di Laptop/PC Low End

Game yang satu ini paling banyak digemari oleh banyak anak laki-laki, olah raga sepak bola sendiri sudah paling banyak dimainkan oleh banyak orang yang terutama menggemari sepak bola. Anak Indonesia banyak sekali yang antusias akan sepak bola dan juga tidak lepas dari game sepak bola yaitu PES (Pro Evolution Soccer), game ini sudah diperbaharui dengan seri yang terbaru tahun 2017.

7 Cara Mengatasi Lag PES 2017 di LaptopPC Low End

Dengan grafik yang nyata, stadium yang nyata dan pemain yang benar-benar nyata sesuai dengan kondisi pemain, termasuk perpindahan pemain dari pemain lainnya. Cukup disayangkan PES 2017 memerlukan spesifikasi yang cukup tinggi, jika dimainkan di laptop spesifikasi rendah atau low end akan jelas bermasalah atau lag.

PES 2017 sering kali dimainkan banyak orang di laptop atau PC dengan processor intel atau amd dengan grafis nvidia atau intel hd, sayangnya jika memang tidak mencukupi spesifikasi minimum tetap saja bisa menjadi salah satu faktor lag ketika bermain PES 2017 tetapi kalau memang sudah menyukai game ini tidak dapat dipungkiri salah satunya adalah melakukan patching pada enviromentnya.

Spesifikasi Minimum.
  • OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1, Vista SP2
  • Processor: Intel Core2 Duo 1.8GHz / AMD Athlon Ⅱ X2 240 or equivalent processor
  • Memori : 1 GB RAM
  • Grafis : DirectX 9.0c compatible video card. 1024MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce 8800 / AMD/ATI Radeon X1600 / Intel HD Graphics 3000 or better)
  • DirectX: Version 9.0c
  • Penyimpanan : 8 GB available space
  • Sound Card: DirectX 9.0c compatible sound card
  • Catatan : 800 x 600 monitor resolution; 4x DVD-ROM Drive; TCP/IP 512 kbps or higher
Spesifikasi yang Disarankan.
  • OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1, Vista SP2
  • Processor: Intel Core i3 530 / AMD Phenom Ⅱ X4 925 or equivalent processor
  • Memori : 2 GB RAM
  • Grafis : DirectX 9.0c compatible video card. 1024MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce GTX 260 / AMD/ATI Radeon HD4850 / Intel HD Graphics 4000 or better)
  • DirectX: Version 9.0c
  • Penyimpanan : 8 GB available space
  • Sound Card: DirectX 9.0c compatible sound card
  • Catatan : 1280 x 720 monitor resolution; 8x DVD-ROM Drive; TCP/IP 1.5 Mbps or higher
Seperti yang saya tuliskan di atas, jika spesifikasi tidak mencukupi dari spesifikasi minimum untuk menjalankan PES 2017 yang terjadi game bisa crash, hang atau bahkan lag. Tetapi jika laptop anda sudah melebihi spesifikasi minimum dari PES 2017 tetapi tetap ada lag mungkin terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab PES 2017 menjadi lag.

Cara Mengatasi Lag PES 2017 di Laptop Low End

Memang terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab lag PES 2017 di PC atau laptop anda, kemungkinan salah satunya terdapat hal-hal dibawah ini dan sudah saya jelaskan berserta cara mengatasi lag tersebut sehingga anda dapat bermain PES tanpa gangguan performa.

1. Update Driver Grafis Laptop / PC

Driver yang telah lama atau belum diperbaharui bisa menjadi masalah performa pada grafis, khususnya laptop atau pc sekarang yang menggunakan intel, amd, radeon dan nvidia juga memerlukan driver yang selalu up to date untuk meningkatkan peforma dari grafis tersebut.

Update Driver Grafis Laptop / PC
Ketika berhasil di Update Optimalkan Performanya
Jika anda ingin mengupdate driver cukup download driver disitus bersangkutan dengan demikian driver anda dapat diperbaharui. Cara menentukan kartu grafis anda yang ada pada laptop terdapat sticker logo intel, nvidia atau radeon/amd.
Jika anda sudah mendownload, cukup ikuti langkah installasi hingga selesai dan restart laptop anda.

2. Defrag Harddisk untuk Mempercepat Kinerja PC

Salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah terlalu banyak data yang tidak terstuktur di harddisk. Defragment dilakukan untuk mempercepat kinerja harddisk dengan membuat data menjadi terstuktur. Jika anda sudah menggunakan SSD cukup abaikan tips yang satu ini karena SSD sudah cepat dan tidak perlu melakukan defragment.

Baca Juga : 10 Game PC Terbaik 2016 - 2017

Untuk melakukan defrag anda tidak perlu, mendownload software defrag cukup dari windows 7, 8, 8.1 atau 10 anda. Defrag ini sangat mudah dilakukan cukup ikuti intruksi yang akan saya jelaskan.

1. Buka start menu anda, kemudian cari program bernama Disk Deframenter dan setelah anda menemukannya jalankan programnya.

Defrag Harddisk untuk Mempercepat Kinerja PC

2. Kemudian anda pilih drive atau partisi yang akan didefrag yang terutama adalah drive C: yang terdapat instalasi program PES atau program sistem lainnya atau anda dapat mendrag semua partisi harddisk cukup ulangi cara yang sama.

Defrag Harddisk untuk Mempercepat Kinerja PC

3. Kemudian klik defragment harddisk dan tunggu hingga proses selesai, pastikan ketika melakukan defrag anda tidak bermain game atau aplikasi yang berat mungkin membuat aplikasi menjadi lemot karena harddisk sedang di defrag.

Defrag Harddisk untuk Mempercepat Kinerja PC

Defrag dapat meningkatkan performa pc karena harddisk yang sudah didefrag akan terasa lebih cepat dan ringan ketika digunakan untuk aplikasi yang berat.

3. Optimasi Menggunakan Game Booster

Cara lain untuk optimasinya ialah dengan cara menggunakan game booster salah satunya yang paling direkomendasikan ialah software Razer Cortex. Software ini berguna sekali ketika menjalankan game semua aplikasi yang tidak penting dan beberapa start up pada windows akan dimatikan sehingga dapat mempercepat kinerja game.


Saya sendiri sudah merasakan perbedaannya, dari performa memiliki peningkatan yang cukup signifikan. Cukup tambahkan game anda kedalam daftar razer cortex kemudian jalankan melalui software ini, beberapa fitur lainnya juga mendukung untuk streaming dan optimasi.

Download Razer Cortex Game Booster - www.razerzone.com/cortex

4. Menurunkan Resolusi Grafis PES 2017

Resolusi yang tinggi jika tidak sesuai dengan spesifikasi vga maka bisa mengakibatkan nge-lag, dengan menurunkan settingan grafis dan resolusi dari PES 2017 dapat meningkatkan performa game dengan spesikasi yang pas-pasan.

Menurunkan Resolusi Grafis PES 2017

Baca Juga : Cara Bermain Semua Seri Assassin's Creed di PC Low End

Menurunkan kualitas menjadi low dan memilih kualitas yang paling rendah, adalah cara yang paling mudah dilakukan. Tetapi jika anda tetapi mengalami lag maka anda dapat mencoba cara selanjutnya.

5. Menggunakan Direct3D Overrider

Menggunakan software yang satu ini bisa mengatasi lag pada game, tidak hanya pada PES 2017 tetapi beberapa game yang memang mendukung. Untuk fitur Direct3D Overrider terdapat fasilitas untuk force tripple buffering dan force v-sync dapat meningkatkan render dari sebuah grafis game.

Direct3D Mempercepat PES 2017

Render grafis yang tidak sinkron dengan monitor itu yang disebut dengan lag, untuk itu fitur ini berguna sekali untuk laptop atau PC yang mempunyai grafis yang pas-pasan sehinga dipaksa untuk melakukan percepatan grafis dengan triple buffering dan v-sync.

Download Direct3D Overrider

6. Membersihkan Sampah Menggunakan Cleaner

Sampah atau junk pada laptop adalah salah satu faktor penyebab laptop menjadi lemot, sampah ini yang dimaksud ialah berupa file chache atau temporary dari sistem windows sendiri, sehingga setiap harinya ketika anda menyalakan laptop, sistem akan membuat file junk tersebut.

Membersihkan Sampah Menggunakan Cleaner


Untuk membersihkan file sampah cukup sebulan sekali atau jika anda ingin bersih anda dapat menjadwalkan pembersihan seminggu sekali, dengan software cleaner memudahkan membersihkan file-file junk dari windows.

Download Cleaner Gratis

7. Patch PES 2017 dengan DPFilelist Generator

Cara yang cukup paling ekstrem adalah memodifikasi environment grafis yang ada di PES 2017, yang mungkin dapat meningkatkan performa tetapi tentunya beberapa material pada grafis juga menjadi jelek.

Dengan menggunakan DPFilelist Generator dapat mengubah grafis pada PES 2017 dengan menggantinya dengan file yang sudah disetting sehingga beberapa material grafis menjadi kualitas yang rendah.

1. Cara menggunakan patch ini cukup, download beberapa file yang dibutuhkan seperti file dll untuk mengatasi lag dan meningkatkan performa PES 2017.
2. Setelah didownload pastikan anda ekstrak file rar-nya CPK di dalam folder download PES 2017, C:\Program Files (x86)\Pro Evolution Soccer 2017\download.

Patch PES 2017 dengan DPFilelist Generator


3. Setelah itu jalankan program DPFilelist Generator dan pastikan pathnya sudah ditentukan kedalam folder C:\Program Files (x86)\Pro Evolution Soccer 2017\download, kemudian klik Generate DpFileList.bin.

Patch PES 2017 dengan DPFilelist Generator

4. Kemudian copy file yang ada dalam folder anti lag kedalam folder instalasi PES 2017, C:\Program Files (x86)\Pro Evolution Soccer 2017.

5. Jalankan PES 2017 dan Selamat Menikmati !

Baca Juga : Cheat Dota 2 Offline Steam Lengkap Indonesia

Sekian tips atau cara mengatasi lag PES 2017 pada laptop atau PC anda, dengan tutorial diatas sudah dicoba dan terbukti mengatasi lag pada laptop sehingga anda bermain tanpa ada masalah. Semoga bermanfaat !
josephvoxone 2

Tidak ada komentar untuk "7 Cara Mengatasi Lag PES 2017 di Laptop/PC Low End"