Apakah Swafoto Berbeda dari Selfie ?

Mungkin dari anda sendiri sempat bingung mengapa banyak berfoto dengan menggunakan hastag #swafoto di twitter, instgram, facebook atau sosial media lainnya, apakah itu sejenis aplikasi ? Jawabannya adalah bukan.



Tentunya anda mengenal selfie karena foto selfie sempat trending di media sosial, berita bahkan sudah menjadi gaya dari dunia untuk mengambil foto diri sendiri. Kata "Selfie" sebenarnya berasal dari kata Selca singkatan dari (Self Camera), namun apakah berbeda dari Swafoto ?

Bagaimana Sejarahnya dan Arti Swafoto ?

Mengenal "Apa itu Swafoto ?" Swafoto diartikan sama seperti dari kata "Selca" singkatan dari Self Camera dan Swafoto dimana "Swa" berarti diri sendiri dan "Foto" adalah gambar. Jadi bahasa Indonesia yang baik dan Resmi untuk selfie adalah Swafoto.

Menurut Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gufran Ali Ibrahim memang pada dasarnya baik menggunakan bahasa Inggris terhadap globalisasi namun tidak ada salahnya jika kita memuliakan Bahasa Indonesia dengan baik maka dari itu lahirnya Swafoto.

Bahasa Indonesia atau Bahasa Asing, Mana yang Benar ?

Masyarakat tentunya lebih memilih menggunakan kata asing atau bahasa inggris karena pergeseran bahasa Indonesia akibat globalisasi dan dianggap sudah lumrah baik di lisan maupun tulisan. Maka dari itu bahasa Indonesia sendiri kurang berjaya.

Kata Pak Gufran Ali "Di samping itu, mereka melanggar UU RI Nomor 24 Tahun 2009 pasal 39 ayat 1 yang berbunyi Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam informasi melalui media massa". Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda menggunakan kata Indonesia, semuanya kembali kepada anda memilih bahasa Indonesia atau bahasa Asing.
josephvoxone 2

Tidak ada komentar untuk "Apakah Swafoto Berbeda dari Selfie ?"